1. Tulisan tangan harus jelas
Saat menulis surat lamaran kerja, tulisan tangan kamu harus jelas dan mudah dibaca. Jika tulisan tangan kamu sulit dibaca, hal ini akan membuat staf HRD kesal. Tidak menutup kemungkinan, surat lamaran kerja kamu itu tidak akan dibaca.
2. Hindari coretan pada tulisan
Menulis surat lamaran kerja sebaiknya jangan sampai salah. Hindari coretan karena ada kata yang salah saat menulis. Untuk itu, telitilah dalam menulis setiap kata pada surat lamaran kerja. Jangan sampai ada kata yang salah.
3. Sertakan tanggal dan tanda tangan
Sebelum mengirim, pastikan kamu menulis tanggal pembuatan surat dan juga tanda tangan di bagian bawah surat lamaran kerja. Kedua hal ini sering terlupakan, jadi cobalah untuk selalu mengecek surat lamaran sebelum dikirimkan
1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar